Gempa Bumi

on Saturday, October 10, 2009

Berhubung akhir-akhir ini Indonesia banyak dilanda musibah beberapa gempa besar, dan masih banyak nya orang Indonesia yg belum mengerti tentang gempa bumi. Saya tergelitik untuk membagi sedikit ilmu yg saya ketahui tentang gempa bumi (earthquake) kepada teman-teman. Sebenernya ilmu tentang gempa bumi yg saya ketahui masih sangat sedikit, karena saya mendapat ilmu tentang gempa bumi hanya ketika di S1 saya mengambil mata kuliah gempa dan kebetulan di S2 saya berkecimpung dibidang gempa bumi (base isolation system), jadi mari kita sama-sama belajar dan mencari tau tentang gempa bumi. Mohon maaf kalo ilmu yg saya bagi masih sangat dangkal dan ada sedikit kekeliruan.

Mungkin tulisan tentang gempa bumi ini akan saya bagi dalam beberapa tulisan, dan saya menulis ini diwaktu luang saja, jadi mohon maaf apabila suatu waktu nanti saya vacum untuk menulis mungkin itu disebabkan oleh kesibukan saya (sok sibuk mode ON :p).

Ok, yg pertama saya ingin bagi adalah:

Link terupdate dan terlengkap untuk mengetahui gempa yg terjadi di seluruh dunia beserta posisi dan kekuatan nya (magnitute) ada disini:
http://earthquake.usgs.gov/eqcenter/recenteqsww/
Jadi, jika ingin tau info lebih lengkap tentang suatu gempa yg baru saja terjadi di suatu daerah, silahkan kunjungi link tersebut, anda bisa mendapatkan info tentang: maginitute (kekuatan), waktu, lokasi, kedalaman pusat gempa, peringatan tsunami ato tidak.


0 comments:

Post a Comment