Hasil coba-coba foto HDR

on Monday, July 27, 2009

Ada yang pernah denger High Dynamic Range (HDR)??

HDR is a set of techniques that allows a greater dynamic range of luminances between light and dark areas of a scene than normal digital imaging techniques. The intention of HDRI is to accurately represent the wide range of intensity levels found in real scenes ranging from direct sunlight to shadows. (sumber: mbah wiki)

High dynamic range (HDR) images enable photographers to record a greater range of tonal detail than a given camera could capture in a single photo. This opens up a whole new set of lighting possibilities which one might have previously avoided—for purely technical reasons. (sumber: dari sini)

Atau secara gampangnya adalah menggabungkan beberapa foto yang sama dengan exsposure yang berbeda (misal satu foto dengan 3 exposure yang berbeda yaitu: -2,0 dan 2).

Saya baru tau HDR beberapa hari yang lalu, setelah membaca sebuah forum yg membahas tentang hal tersebut. Setelah melihat beberapa hasil foto HDR yang bagus sekali, saya jadi ngiler untuk nyoba buat foto HDR. Jadi, sejak 2 hari yang lalu saya mulai mencoba membuat foto HDR. Saya menggunakan software "Photomatix" untuk membuat HDR.

Ini adalah contoh perbedaan antara foto biasa dan foto menggunakan HDR:
Foto biasa
Foto setelah dibuat HDR

Foto biasa

Foto HDR

Foto biasa

Foto HDR

Mohon maap klo hasilnya masih jelek, maklum masih newbie...baru dua hari ini nyoba buat HDR , klo mau ada komentar ato ngasih saran dan kritik silahkan.....

Taken with my Canon 1000D

5 comments:

Nisa said...

Dari salah satu gambar, ada yang aku lebih suka foto biasanya :D

YuheRancak said...

ikutan komen aaaaaah.. mumpung lagi nggak ada kerjaan ^_^

*Photo yang pertamaa.. bagusan HDR dari pada yang aslinya..
*Photo yang kedua.. bagusan aslinya, hehehe. Kenapa? karena lebih cerah, hehehe
*Photo yang ketiga juga cakepan yang aslinya.. di HDR bebeknya jadi aneh.. Btw bener bebek kan? hohoho..

huaah.. barudak NTUST pada hobi potograpi yah.. kalau butuh model, just contact me.. haghaghag :-p

Anonymous said...

itu kebetulan urutan pembuatannya...
yg paling bawah yg pertama saya buat, yg paling atas yg terakhir di buat...
jadi maklum hasilnya masih aneh...masih nubi..hehehe
makasih masukannya...ayo ada komen lagi??

raka said...

keren-keren..
semua itu harus dicoba dari awal,saya pun juga begitu..
baru belajar hdr

suryowidiyanto said...

caranya gimana mas settingan kameranya, kebetulan saya pake canon eos 1000d

Post a Comment