Bakal Calon Rektor ITB

on Tuesday, August 4, 2009



Dari tanggal 6 Juli kemaren sampai tanggal 6 agustus nanti, sedang dibuka pendaftaran bakal calon rektor ITB. Sampai hari ini (selasa 4 agustus) sudah terdaftar 21 bakal calon rektor ITB. Selengkapnya bisa diliat di sini

Dari 21 nama tersebut, 6 berasal dari Teknik Sipil dan 1 adalah ayah nya temen satu angkatan saya di Teknik sipil. 6 Calon rektor yg berasal dari Teknik Sipil yaitu:
  1. Prof.Dr.Ir. Adang Surahman, M.Sc : Prof yg satu ini sudah lama menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik (sejak 2001). Di teknik sipil sendiri, Pa Adang terkenal sebagai dosen yang cukup pelit dalam hal nilai. Karena cara penilaiannya yang sangat perfect, salah sedikit salah total. Ga heran klo nilai ujian dikelas berkisar antar 5-60. Dan ternyata Pa Adang ini adalah ayah nya teman SMA saya, dan dulu ketika saya masih SMA saya pernah maen ke rumah nya (saya baru tau ini setelah saya kuliah beberapa taun di ITB).
  2. Dr. Rudy Hermawan K. : Dosen yang satu ini adalah dosen sub jurusan transportasi (Tinggal sedikit dosen transport di ITB). Pa Rudi setahu saya aktif di badan pengawasan jalan tol (lupa nama badannya). Sebagai dosen Pa Rudi terkenal dengan cara bicara nya yang super cepat (sangat cepat, coba aja denger sendiri). Percaya ato tidak, kita bisa cape hanya dengan ngedenger beliau ngajar dikelas, saya suka merasa ngos ngosan dengernya.
  3. Indra Djati Sidi, Ph.D : Beliau pernah tersangkut kasus korupsi, namun akhirnya diputuskan tidak bersalah oleh pengadilan. Beliau adalah salah satu orang terhebat diangkatannya dan pernah menjabat sebagai ketua himpunan mahasiswa sipil (HMS). Menurut temen-temen yang pernah diajar beliau, cara mengajar beliau enak dan mudah dimengerti. Saya sendiri belum pernah diajar beliau, hanya sering melihatnya jalan-jalan dijurusan, kadang setiap hari libur beliau datang ke kantornya bersama keluarganya.
  4. Prof.Dr.Ir. Rizal Z. Tamin : Prof yang satu ini sangat memperhatikan Indonesia, pendidikan Indonesia dan kemahasiswaan di ITB. Ketika beliau datang ke Taiwan, kami (alumni teknik sipil ITB yg ada di Taipei) mengunjungi beliau dan mengobrol banyak hal dengan beliau. Hal-hal yang kami obrolkan dengan beliau bukan tentang dimana tempat wisata populer di Taipei, bukan jg tentang dimana bisa mendapatkan oleh-oleh khas Taipe, tapi yg beliau tanyakan adalah tentang riset di Taiwan, tentang apa peranan universitas Taiwan terhadap pembangunan Taiwan, dan apa bedanya kondisi pendidikan di Indonesia dengan di Taiwan. Obrolan yg hanya bisa kami jawab dengan senyuman dan kata "maaf pa kami kurang tau hal itu". Dikelas, Pa Rizal terkenal dengan amarah nya yg sering meledak-ledak, jangan heran klo dikelasnya kita bisa dibilang goblok, bego, ato kata-kata umpatan lainnya (cuma bangga jg sih dihina ama prof hehehe). Dan satu hal yg menarik lagi, adik Pa Rizal juga adalah Prof di Teknik Sipil (beda sub jurusan).
  5. Prof.Ir. Bambang Budiono, M.E., PhD : Prof yang satu ini adalah salah satu prof senior di sub jurusan Struktur. Beliau terkenal sangat pintar, namun kadang terlalu sombong (menurut temen-temen "boleh lah dia sombong orang dia pintar, yg ga boleh tuh ga pinter cuma sombong"). Prof yg satu ini terkenal dengan panggilan Pa Bangbud (karena ada banyak nama bambang di Teknik Sipil). Kelas yg diajar beliau selalu jadi favorite, karena cara mengajar beliau yang enak.
  6. Prof.Dr.Ir. Indratmo Soekarno, M.Sc : saya baru tau Pa Indratmo sudah dapat gelar Prof. Prof yang satu ini menjabat sebagai direktur LAPI ITB. Saking sibuknya sebagai direktur, beliau tidak mengajar untuk sementara di teknik sipil. Jadi saya belum pernah tau cara beliau mengajar di kelas. Satu hal yang saya inget tentang beliau adalah sangat sulit untuk menemui beliau.

Pendaftaran bakal calon rektor ITB masih dibuka 2 hari lagi, apakah masih ada dosen Teknik Sipil ITB yang mendaftar lagi??kita lihat saja...Siapa pun yang bakal terpilih jadi Rektor ITB nantinya, saya harap bisa membawa ITB ke arah yang lebih baik.

2 comments:

Anonymous said...

wuah,persepsi yg krg tepat tu bung. :-)
bpk bambang budiono itu motivator. u know what i means, bliau memang slalu mjadikan diriny benchmark yg solid u memacu. Coba bayangin, masa menasehati tanpa mberi contoh? bs2 kt skedar lalu sj mendengarny. tapi klau bliau menstate diriny, kita bs lihat,beliau,dgn kondisi beliau,smpi dgn saat bliau bicara, itulah harga yg perlu kita tny u sebuah kberhasilan. :-)

Anonymous said...

hahaha...ada anak bimbingannya komentar euy...
iya ga...sepkat beliau motivator yg bagus dan juga orang yg humoris, cma kan lo tau juga menurut pendapat temen2 gmana tentang pa bangbud....

Post a Comment