Hujan Meteor Perseid

on Thursday, August 13, 2009


Pertunjukan hujan meteor Perseids yang terjadi tadi malam (kamis 13 agustus 2009) dekat Rasi Perseus yang terbit dari arah Timur Laut adalah pengalaman pertama saya melihat hujan meteor. Nama Perseids sendiri memang diambil dari rasi bintang tersebut. Komet-komet Perseids juga selalu muncul dari arah rasi tersebut yang bergerak dari arah timur laut ke barat sepanjang malam hingga pagi hari. Meteor-meteor tersebut berasal dari serpihan debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang masuk ke atmosfer Bumi. Komet yang ditemukan pertama kali pada tahun 1862 itu mengelilingi Matahari setiap 130 tahun sekali. Setiap pertengahan Agustus, Bumi melintasi orbitnya yang mengandung sisa-sisa ekornya yang ditinggalkan.

Hujan meteor Perseids merupakan salah satu fenomena yang ditunggu-tunggu setiap tahun. Meskipun melesat lebih cepat dibandingkan meteor lainnya yakni dengan kecepatan 60 kilometer perjam, kilatan meteornya terkenal sangat terang dengan cahaya yang panjang. Karena itu menurut saya untuk melihat meteor ini dengan langit yg tidak begitu cerah seperti tadi malam di taipei diperlukan sedikit keberuntungan dan sedikit kesabaran. Karena kita tidak tau kapan dan dari mana meteor akan datang, selain itu meteor ini muncul dan menghilang sangat cepat sekali.

Tadi malam sekitar pukul 1.30 am waktu taipei, aku bersama seorang teman ku pergi ke atap IB untuk melihat hujan meteor ini. Di atas IB sudah banyak orang-orang lokal yang juga ingin menyaksikan hujan meteor ini. Sambil menunggu meteor muncul, kami mengobrol dengan orang lokal itu(sebenernya orang lokalnya yg pengen belajar ngomong bahasa inggris, belajar bahasa inggris kok ke kita yg bahasa inggrisnya pas-pas an :p). Selama 1.5 jam menunggu hujan meteor, kami melihat sekitar 5x meteor melintas diatas langit taipei. Lumayan lah untuk saya yg baru pertama kali melihat hujan meteor, ternyata begitu toh rasanya melihat hujan meteor.

Kapan lagi yah bisa melihat hujan meteor kaya tadi malem.??alhamdullilah, terimakasih ya allah sudah memberiku kesempatan untuk melihat salah satu tanda kekuasan Mu...

0 comments:

Post a Comment