Taifun Morakot

on Thursday, August 13, 2009

ji kamu jangan jalan2 kmana2 yah... soalnya mamah liat d berita taiwan cuacanya lg bahaya, banyak badai
ibu ku - 11 agustus 2009

How about last week typhoon?did you afraid?

my lab mate - 11 agustus 2009

Gon typhoon nya kaga kena kan tempat lo gon??
teman ku - 12 agustus 2009

Gon gw denger-denger lg banyak bencana ya di taiwan??
teman ku yang laen - 12 agustus 2009



Entah berita apa yg mereka liat soal badai di taiwan yg menyebabkan mereka berkata seperti itu. Awal nya saya mengira taifun Morakot yg lewat taiwan jumat yg lalu (7 Agustus 2009) tidak sekuat taifun yg pernah saya alami tahun lalu. Saya pikir taifun tahun lalu lebih parah dibanding taifun Morakot ini. Setelah mereka bertanya itu lah, baru saya mulai mencari tau separah apa sih dampak si taifun yg lewat minggu lalu itu.

Ternyata dampak dari taifun Morakot ini cukup parah. Taifun ini menyebabkan banjir terparah dalam 50 tahun terakhir di taiwan. Di taiwan sendiri korban jiwa akibat taifun ini berjumlah 108 orang tewas, 58 orang hilang, dan 45 orang terluka. 8000 kg bahan peledak yang sedang digunakan untuk project galian bawah tanah ikut hilang tersapu arus. Kerugian dalam bidang pertanian sekitar NT$ 10 miliar (sekitar Rp 3 triliun). Jembatan dan jalan rusak parah, dan sebagian ada yang hancur. (sumber)

Di youtube pun kita bisa melihat video yg menayangkan hotel yg rubuh akibat pondasi tergerus oleh arus sungai (kalo dalam istilah sipil dinamakan keruntuhan guling), hotel itu terletak di taiwan bagian tengah tepatnya di Taidung.




Wang Kun-hong, front, the mayor of Zhuqi Township in Chiayi County on Aug. 12 led a team to bring goods and materials to aborigines in a disaster area in Dakeng. They had to walk through some rough road sections to get there.


Ngeliat foto diatas, jadi ngebayangin seandainya pejabat di indonesia kaya gitu juga.....

0 comments:

Post a Comment